hELLO !!
WElcome to my simple triple blog, i`m asilahsyiela..thanks for visited my blog, nice to meet you, leave your footstep at my cbox, Do follow


Tagboard!

PUT YOUR CBOX width="210"
My Post

Thanks my little cute Bear

Template 100%: syiela asilah
Editor:Your name
Help:
Ketahui tentang origami..
Wednesday, July 31, 2013 | 11:29 AM | 0 comments


 Origami merupakan seni melipat kertas yang telah ada sejak dulu. Dalam bahasa Jepang, origami berasal dari dua kata yakni “ori” yang artinya “melipat” dan juga “kami” yang berarti kertas. Origami merupakan bentuk seni yang menggunakan pola geometris dan memiliki pola lipatan tertentu. Origami tak hanya berkembang dan populer di Jepang, namun juga sampai ke belahan dunia lainnya termasuk ke Indonesia.
Origami Jepang memiliki aspek kesejarahannya tersendiri. Sampai kini masih banyak para sejarawan yang percaya bahwa sebetulnya origami ini berasal dari China yang populer disebut dengan Zhe Zhi. Meskipun dalam perkembangannya, masyarakat luas banyak yang mengetahui dan memercayai bahwa origami merupakan seni melipat kertas yang murni berasal dari Negeri Sakura. Bentuk populer dari seni melipat kertas ini mulai menyebar keluar Jepang pada tahun 1960-an dimana kala itu disebut dengan origami modular namun semakin kesini semakin banyak ragam origaminya.
Origami ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah lipatan yang berbeda dan memiliki desain yang rumit. Desain origami pada umumnya dimulai dengan selembar kertas berbentuk persegi yang pada sisi-sisinya tidak memiliki warna yang berbeda. Origami Jepang bisa dimulai dengan persegi panjang, lingkaran, segitiga. Origami tradisional di Jepang telah ada sejak masa Edo pada 1603-1867. Pemilihan kertas untuk yang digunakan dalam seni origami ini harus hati-hati dan yang terbaik. Masing-masing kertas yang digunakan untuk membuat seni origami ini akan sangat memengaruhi hasil lipatan dan hasil akhir dari suatu model yang dibuat.
Kertas fotokopian yang tipis juga sebenarnya bisa digunakan untuk origami dalam bentuknya yang sangat sederhana namun hasilnya akan kurang maksimal. Kertas khusus untuk origami sering disebut dengan “kami” yang biasanya dijual perpaket dengan berbagai ukurannya. Atau kalau tidak mau ribet dengan penentuan kertas apa saja yang akan memiliki hasil yang maksimal untuk dibuat origami, maka Anda bisa membeli paketan origami yang memiliki model dan jenis kertas yang sesuai dengan keinginan. Bermain origami memiliki banyak manfaat seperti melatih keterampilan melipat kertas, melatih ketelitian dan kesebaran.


Older Post | Newer Post